Komentar : 0 comments
Dalam dunia kontrol instalasi listrik menggunakan kontaktor banyak cara yang bisa dilakukan, yaitu hanya dengan memaksimalkan fungsi maupun kegunaan dari sebuah kontaktor. Tujuannya dapat diaplikasikan seperti untuk keamanan, kepraktisan, dan kemudahan  dalam pengoperasian suatu rangkaian. Lewat tulisan ini akan dijelaskan sedikit tentang prinsip kerja kontaktor dalam hal segi keamanan. Dimana digunakan dua buah tombol ON dan OFF pada kontrol tersebut. Sehingga saat keduanya dioperasikan akan menghasilkan sebuah perintah, yaitu:

Kontrol Kontaktor OFF Priority

Dimana perintah OFF prinsipnya melawan perintah ON, sehingga disini kontak daripada OFF lebih menjadi prioritas. Apabila tombol ON dan OFF dioperasikan secara bersamaan maka kontaktor tidak akan bekerja. Pada rancangan ini diperlukan sebuah kontak bantu NO yang dihubungkan paralel terhadap tombol ON.

Single Line Diagram


Wiring Diagram



Kontrol Kontaktor ON Priority

Dimana kebalikan dari sebelumnya, yaitu perintah ON yang melawan perintah OFF. Sehingga pada kontrol ini kontak daripada ON yang menjadi lebih prioritas. Jadi apabila tombol ON dan OFF sekaligus bersama-sama dioperasikan kontaktor tetap bisa bekerja (sesaat ditekan saja). Namun tidak dengan penguncian karna kontak bantu NO (holding) dihubung seri terhadap tombol OFF bukan paralel terhadap tombol ON. Maka apabila kedua tombol tidak ditekan kondisi kembali seperti semula.

Single Line Diagram


Wiring Diagram



Catatan:  Fungsi dari tombol ON dan tombol OFF apabila dioperasikan secara sendirian tetap masih sama seperti pada pengaturan Self Maintained umumnya.

****

Rangkaian kontrol OFF priority adalah rangkaian yang dimana perintah OFF lebih prioritas dan melawan perintah ON. Hal ini dikarenakan posisi tombol OFF dihubungkan seri terhadap sumber, tombol ON dan Kontaktor. Maka, tombol ON tidak akan berfungsi apabila tombol OFF sedang dioperasikan secara bersamaan.

Rangkaian kontrol ON priority adalah rangkaian dimana perintah ON lebih menjadi prioritas rangkaian dan fungsinya melawan perintah OFF. Hal ini dikarenakan posisi tombol ON yang terhubung langsung dari sumber menuju kontaktor sedangkan tombol OFF dalam hubungan paralel terhadap tombol ON. Sehingga tombol OFF tidak akan berfungsi selama tombol ON masih dioperasikan secara bersamaan.

Pada praktek dilapangan prinsip daripada OFF priority lebih sering digunakan daripada ON priority. Contoh aplikasinya adalah untuk melakukan pengamanan terhadap suatu sistem instalasi yang cakupannya luas. Sehingga apabila terjadi breakdown pada sistem pengaman maka rangkaian akan tetap dalam keadaan tidak terhubung listrik, sebelum dilakukan perbaikan dan kontak daripada tombol OFF dinormalkan kembali.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Berikutnya
Belum ada tulisan terbaru.
Previous
Older Post
0 comments:
Post a Comment

Anda bisa menggunakan emoticon pada komentar ini!
Arahkan kursor pada gambar untuk melihat kodenya.
=D :-D :D ^D^ ^_^ n_n :-) =) ;-) :p :-p :-| :-/ :-( :( :'( T_T :O :-O X( (o) -_- --, B-) 8-) :-* o.O >-( O-) 3-) ^p^ (y) (n) (ok) (_)> []]

  • Content
  • Comments